Minggu, 14 Mei 2017

Penjelasan Tentang Apa Itu Malware

Tags

Penjelasan Tentang Apa Itu Malware
 Sebenarnya, apa itu Malware ? Malware itu virus atau apa ? Dari pada semakin bingung, yuk cari tahu jawabannya...





Pengertian Malware - Mengenal Malware Lebih Dalam



Malware adalah sebuah program yang diciptakan dengan maksud dan tujuan tertentu untuk mencari celah kesalahan di dalam software atau operating system.

Nama Malware sendiri merupakan sebuah singkatan dari “Malicious Software” yang berarti perangkat lunak mencurigakan. Sebuah malware dapat mengakibatkan dampak buruk bagi sebuah komputer maupun user (pengguna komputer). Program ini dapat mengubah, merusak, mencari celah, dan mencuri data pribadi seseorang yang tentu sangat merugikan. 

Walaupun pengertiannya “program” namun malware ini juga dapat berbentuk script/kode. Intinya, istilah malware digunakan untuk menggambarkan sebuah program atau script yang dicurigai dapat mengekspoitasi sebuah komputer atau informasi penting di dalamnya. Termasuk juga untuk menggambarkan program atau script yang bersifat berbahaya, merusak, mengganggu, mengusik, dan mencurigakan.
Siapa target atau sasaran utama dari Malware ?

Berbicara soal target, malware memiliki target yang bervariasi tergantung dari keinginan si pembuatnya. Misalnya saja untuk memata-matai seseorang, mencuri informasi atau data pribadi (rahasia) orang lain, membobol security program dan masih banyak lagi. Intinya, malware dapat berakibat merugikan seseorang bahkan banyak orang.

Pada umumnya, sebuah malware diciptakan untuk merusak atau membobol suatu software atau sistem operasi melalui script yang dirahasiakan, dalam arti lain disisipkan secara tersembunyi oleh penciptanya.

Samakah Malware dengan Virus ?

Beda. Sangatlah beda. Banyak orang yang salah kaprah mengartikan makna dari kedua istilah ini. Ada yang menganggap malware dengan virus itu sama. Anggapan ini tentu keliru dan perlu dibenarkan. Dari segi tata bahasa, istilah Malware diartikan sebagai nama kelompok, sedangkan virus diartikan sebagai nama diri. Dengan kata lain, yang namanya “virus” termasuk bagian (anggota kelompok) dari Malware.

Lalu, tipe/jenis malware apa yang sering ditemui ?

Seperti yang kita tahu, sebuah program tentu memiliki jenis. Demikian halnya dengan malware, adapun yang sering kita temui adalah virus, adware, trojan, worm, spyware, backdoor, BOTS, wabbit, browser hijacker serta rootkit & exploit. 

Beda nama, beda tipe. Beda juga tujuan dan cara penyebarannya. Lalu apa perbedaan dari masing-masing tipe ? Sobat bisa mengenal lebih jelas dari dari setiap malware di sini......

Jenis-Jenis Malware dan Contohnya


1. Virus

Virus adalah jenis malware yang mempunyai kemampuan untuk memanipulasi data, menginveksi, mengubah dan merusak sebuah program. Adapun kemampuan lainnya yaitu dapat menggandakan diri dengan menyisipkan program (copy) dari dirinya lalu menjadi bagian dari program lain di komputer. 

Cara kerja dan penyebarannya :

Virus sangat sering menyerang file eksekusi/executable (*.exe, *.com, *.vbs), jadi sangatlah wajar jika virus hanya dapat aktif setelah pengguna menjalankan sebuah program (yang telah terinfeksi). Jika tidak dijalankan, maka virus belum tentu akan muncul. Namun tidak semua virus seperti itu, ada juga virus yang memiliki kemampuan lebih dalam menyerang sebuah komputer.

Selain itu, virus juga dapat menyebar ke komputer lain dengan mudah, misalnya melalui perantara USB, e-mail, file sharing ataupun jaringan komputer. Setelah virus menyerang dan menyebar, umumnya virus juga akan bersarang di beberapa titik, seperti boot sector atau file dokumen.

Adapun teman-teman dari virus yaitu :

Macroviruses (virus makro) : virus yang dibangun dalam perangkat lunak, seperti aplikasi pengolah kata.
Retrovirus : Aplikasi jahat untuk mematikan antivirus di komputer.

HLL virus : Virus yang dibuat dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti C++, C, Pascal, Delphi, Basic, Visual Basic, dan lain sebagainya.

Contoh malware virus :
  • Win32/sality
  • Win32/virut
  • Win32/alman
  • Trojan.Loader
  • W32.Beagle.CO@mm
  • Backdoor.Zagaban


Untuk mengetahui artikel tentang bagaimana sistem malware bekerja tunggu artikel selanjut nya.. heeee